KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat ALLAH SWT, yang
telah senantiasa melimpahkan Rahmat dan Hidayah- NYA sehingga kita semua dalam
keadaan sehat walafiat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Penyusun juga
panjatkan kehadiran ALLAH SWT, karena hanya dengan kerido’an-NYA Makalah dengan
judul “ALIRAN ARSITEKTUR MODERN” ini dapat
terselesaikan.
Penulis menyadari betul sepenuhnya
bahwa tanpa bantuan dari berbagai pihak, makalah ini tidak akan terwujud dan
masih jauh dari sempurna, oleh karena itu dengan segala kerendahan hati penulis
berharap saran dan kritik demi perbaikan-perbaikan lebih lanjut.
Akhirnya penulis berharap, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi
yang membutuhkan.
Semarang,10 january 2017
Arsitektur
Daftar isi
1.
ALIRAN
ARSITEKTUR BRUTALISME………………………..
2.
ALIRAN
ARSITEKTUR FUTURISTIK………………………………...
3.
ALIRAN ARSITEKTUR
ART NOUVEAU……………………………..
1.
ALIRAN ARSITEKTUR BRUTALISME
Brutalisme adalah gaya arsitektur yang
melahirkan pembaharu gerakan arsitek dan berkembang pada tahun 1950 sampai
tahun 1970. Awal gaya sebagian besar diilhami oleh Arsitek Swiss, Le Corbusier
( khususnya Unit d'Habitation) dan Ludwig Mies van der Rohe. Istilah brutalisme
ini dimulai dari bahasa Prancis Béton brut, atau " beton mentah".
Bangunan brutalist pada umumnya dibentuk dengan membentur blockish, geometris,
dan bentuk berulang, dan sering juga mengulang bentuk tapi tanpa adanya
ornamen. Tidak semua bangunan brutalist dibentuk dari beton. Sebagai gantinya,
bangunan dapat mencapai Mutu brutalist melalui suatu bahan yang keras dengan
penampilan bagunan dan material strukturnya terbuat dari beton. Rumah pribadi
Alison dan Peter Smithson'S dibangun dari batu bata, dan Richard & Renzo
Piano Center Pompidou sering dihormati sebagai arsitektur brutalist dengan
Bahan dan struktur bangunannya meliputi batu bata, kaca, baja, batu kasar.
Brutalism sebagai gaya arsitektur juga dihubungkan dengan suatu ideologi yang berupa kayalan sosial yang cenderung untuk didukung oleh para perancangnya, terutama Alison dan Peter Smithson. Kegagalan dalam merencanakan suatu desain merupakan hal hal positif bagi para arsitektur Brutalist.
Brutalism memperoleh daya gerak besar di Inggris sepanjang abad pertengahan 20, ketika keadaan ekonomis tertekan ( dan kerusakan WWII) masyarakat mencari konstruksi murah. Haruslah dicatat, meskipun demikian, banyak arsitek memilih gaya brutalist meskipun mereka mempunyai anggaran yang besar dalam membangun. Dan gaya ini terjadi setelah perang dunia ke II di jerman
Desain brutalist pada awalnya mendapatkan kritik sebagai gaya yang merusak pemandangan dalam majalah home office edisi 50 gaya Quenn Anne dikatakan “seperti barang rongsokan”. Sebab gaya ini snagat identik dengan beton. Bagaimanapun, gaya brutalist pada Menara Trelick membuktikan bahwa gaya brutalist sangat populer di antara para arsitek dan masyarakat. Pada waktunya, banyak struktur brutalisme menjadi lebih dihargai oleh masyarakat karena keunikan mereka dan penampilan yang menyolok.
Di tahun terakhir, gaya bangunan brutalistme sudah mulai hilang dari ingatan masyarakat. Dan masyarakat mulai menuju ke gaya pembaharu yang baru lahir menggantikan gaya brutalisme sehingga banyak bangunan gaya brutalistme dirobohkan dan dibangun menjadi gaya yang baru lagi.
Brutalism sebagai gaya arsitektur juga dihubungkan dengan suatu ideologi yang berupa kayalan sosial yang cenderung untuk didukung oleh para perancangnya, terutama Alison dan Peter Smithson. Kegagalan dalam merencanakan suatu desain merupakan hal hal positif bagi para arsitektur Brutalist.
Brutalism memperoleh daya gerak besar di Inggris sepanjang abad pertengahan 20, ketika keadaan ekonomis tertekan ( dan kerusakan WWII) masyarakat mencari konstruksi murah. Haruslah dicatat, meskipun demikian, banyak arsitek memilih gaya brutalist meskipun mereka mempunyai anggaran yang besar dalam membangun. Dan gaya ini terjadi setelah perang dunia ke II di jerman
Desain brutalist pada awalnya mendapatkan kritik sebagai gaya yang merusak pemandangan dalam majalah home office edisi 50 gaya Quenn Anne dikatakan “seperti barang rongsokan”. Sebab gaya ini snagat identik dengan beton. Bagaimanapun, gaya brutalist pada Menara Trelick membuktikan bahwa gaya brutalist sangat populer di antara para arsitek dan masyarakat. Pada waktunya, banyak struktur brutalisme menjadi lebih dihargai oleh masyarakat karena keunikan mereka dan penampilan yang menyolok.
Di tahun terakhir, gaya bangunan brutalistme sudah mulai hilang dari ingatan masyarakat. Dan masyarakat mulai menuju ke gaya pembaharu yang baru lahir menggantikan gaya brutalisme sehingga banyak bangunan gaya brutalistme dirobohkan dan dibangun menjadi gaya yang baru lagi.
- Aliran Arsitektur Futuristik
Arsitektur Futuristik atau
futurisme dimulai pada awal abad ke 20 dengan bentuk bangunan yang ditandai
oleh anti -historicism dan garis panjang mendatar, kecepatan, emosi dan urgensi
yang artistik dan gaya ini dimulai pada Italia dan berlangsung pada tahun 1909
sampai 1944. Gaya ini dihidupkan oleh penyair itu Filippo Tommaso Marinetti,
dan dia bekerja pada tokoh arsitektur terkemuka seperti arsitek Antonio
Sant'Elia dan seniman Umberto Boccioni, Giacomo Balla, Fortunato Depero, Enrico
Prampolini. pendukung bangunan futuristik menyarankan kecepatan, teori pengaruh
energi dan ekpresi yang kuat, di dalam usahanya untuk membuat zaman arsitektur
yang modern.
Setelah permulaannya, Futurism telah menjadi suatu kata [yang] lebih umum untuk mengangkat kecenderungan yang luas dalam disain modern yang sangat ingin menciptakan arsitektur dengan gaya masa depan ataupun sedikitnya gaya yang akan datang 10 tahun ke masa depan. Futurism modern sebagian besar mulai dengan gaya desain pada mobil ataupun kereta pada tahun 1950 di California. Futurism adalah bukanlah suatu gaya tetapi suatu pendekatan terbuka ke arsitektur, dan telah ditafsirkan kembali oleh generasi arsitek yang berbeda dari beberapa dekade, tetapi pada umumnya ditandai dengan membentuk ketajaman, bentuk dinamis, kontras kuat dan penggunaan material yang berguna.
Setelah permulaannya, Futurism telah menjadi suatu kata [yang] lebih umum untuk mengangkat kecenderungan yang luas dalam disain modern yang sangat ingin menciptakan arsitektur dengan gaya masa depan ataupun sedikitnya gaya yang akan datang 10 tahun ke masa depan. Futurism modern sebagian besar mulai dengan gaya desain pada mobil ataupun kereta pada tahun 1950 di California. Futurism adalah bukanlah suatu gaya tetapi suatu pendekatan terbuka ke arsitektur, dan telah ditafsirkan kembali oleh generasi arsitek yang berbeda dari beberapa dekade, tetapi pada umumnya ditandai dengan membentuk ketajaman, bentuk dinamis, kontras kuat dan penggunaan material yang berguna.
3.
ALIRAN ARSITEKTUR ART NOUVEAU
Zaman ini merupakan pergerakan
revolusioner dimana adanya pembatas yang tegas antara seni murni dan seni
terpakai. Art Nouveau lebih menitik beratkan pada konsep pemahaman kehidupan
modern dan metode produksi. Seniman diharuskan berkreasi mulai dari arsitektur
hingga furniture design, sehingga seni merupakan bagian dari kehidupan
sehari-hari. Keindahan dan harmoni merupakan bagian dari kehidupan keseharian;
seniman turut serta membuat kehidupan manusia lebih indah.
Art Nouveau sangat mempengaruhi perkembangan gaya De Stijl (Belanda; 1920an) dan Sekolah Bauhaus di Jerman (1920an-1930an).
Art Nouveau sangat mempengaruhi perkembangan gaya De Stijl (Belanda; 1920an) dan Sekolah Bauhaus di Jerman (1920an-1930an).
Nama ‘Art Nouveau’ berasal dari nama
sebuah toko di Paris, Maison de l’Art Nouveau, yang dimiliki oleh Siegfried Bing, yang memamerkan benda-benda
yang memiliki ciri desain aliran art nouveau.
Sejarah Art Nouveau
Art Nouveau adalah aliran yang berasal
untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup, sangat tidak mungkin untuk tinggal di
dalam rumah bergaya art nouveau tanpa furniture yang bergaya art nouveau pula
seperti peralatan makan, perhiasan, dan lainnya. Para desainer meemusatkan gaya
art nouveau di beberapa kota di Eropa termasuk Brussels, Nancy, dan Paris. Di
Brussels aliran ini secara aktif dikembangkan dengan bantuan Victor Horta and Henry
Van de Velde.
Selain di toko Maison de l’Art Nouveau,
gaya ini tidak terlalu berhasil di Paris. Dimana, pintu masuk dari Paris Métro didesain oleh Hector Guimard pada tahun 1899 dan 1900
terkenal sebagai salah satu arsitektur Art Nouveau di Paris.
Di Inggris, Art Nouveau merupakan
pengembangan dari Arts
and Crafts Movement. Pusat yang paling penting di Britain adalah Glasgow dengan kreasi dari Charles
Rennie Mackintosh
Gaya Art Nouveau berkembang pertama kali
terjadi di Belgia dan meyebar ke Eropa sampai Amerika dengan nama yang berbeda,
seperti Jugendstill di Jerman, Vienna Seccesion di Austria, Stile Liberty
di lItalia, Modernista di Spanyol, dan Glassgow School di Inggris.
Dinamakan Jugendstil pada setelah masa avant-garde, Jugend yang berarti muda. Młoda Polska (gaya ‘Polandia muda’ ) di Polandia, or skønvirke di Denmark, dan Sezessionsstil (‘Secessionism’) di Vienna, dimana mencari seniman atau desainer untuk mengadakan
pameran untuk memamerkan hasil karya mereka. Art Nouveau juga disebut Style
Moderne di Prancis dan lain-lain. Abad ke-20 merupakan masa bagi berbagai jenis
seni rupa modern untuk berkembang, hal ini dikarenakan pesatnya perkembangan
teknologi dan pengaruh-pengaruh budaya baru (juga didukung oleh
industrialisasi, kolonialisme, urbanisasi, dll.).
Di Spanyol, gaya ini berpusat di
Barcelona dan dikenalkan oleh asitektur modernisme, Antoni Gaudi yang adalah
praktisi yang paling penting. Art Nouveau juga bergerak di Eropa Timur dan di
pusat Eropa, dengan pengaruh dari Alfons Mucha di Prague dan Moravia (bagian dari Czech Republic) dan Latvian Romanticism (Riga, ibukota Latvia, dimana terletak sekitar 800 bangunan Art Nouveau).
Di Russia, gaya ini telah menyebar ke
segala majalah seni magazine Mir
iskusstva (‘World of Art’), dimana merupakan
revolusi dari Ballets
Russes.
Di Italy, Stile Liberty adaah nama toko di London, Liberty
& Co,
yang mendistribusikan desain modern perubahan dari Arts
and Crafts movement, keduanya adalah tanda dari aspek komersial Art Nouveau dan
memberikan karakter Italy.
Gaya Art Nouveau terjadi pada tahun 1890
sampai 1905. Salah satu contoh lukisan Art nouveau dapat ditemukan di Roquetaillade
castle (Perancis). Viollet-le-Duc mengembalikan kerajaan pada
1850, dan Ia berncana menciptakan Gothic
revival,
dan Ia membiarkan kerajaan seperti bentuk aslinya untuk menandai masa “pre”
gaya Art Nouveau.
Evolusi tertinggi pada gaya Art Nouveau
dapat dilihat pada Exposition
Universelle tahun1900 di Paris, dengan gaya yang
modern. Pada 1902, dilaksanakan Esposizione Internazionale d’Arte
Decorativa Moderna, di Turin, Italy, dimana para desainer mengadakan pameran yang
hampir dari seluruh Negara Eropa yang dimana gaya Art Nouveau berkembang. Art
Nouveau menggunakan banyak inovasi teknologi pada akhir abad 19.
Karakter Art Nouveau
Dinamis,mengalir, dengan garis lekukan
yang sangat mencerminkan karakter Art Nouveau. Karya Art Nouveau biasanya
dicirikan dengan bentuk-bentuk plastis dan organis, tapi tetap mengandalkan
prinsip-prinsip geometris. Seperti kebanyakan gaya pada umumnya, Art Nouveau
memiliki bentuk yang harmonis. Ciri utamanya adalah garis-garis mengalir. Pola
itu berdasarkan bentuk tumbuhan dan pengaruh lukisan Jepang. Art Nouveau Style
merupakan gaya extravaganza dengan ornamen yang terinspirasi dari alam seperti
flora yang penuh dengan sulur-sulur, kelopak bunga dan kecantikan wanita.
Di Indonesia art nouveau dikenal juga sebagai aliran semarangan
cirinya adalah garis-garis menggelombang dengan bunga. Gaya ini juga terlihat
pada sisa-sisa bangunan kolonial di Indonesia.
Media Art Nouveau
Dua dimensi benda-benda Art Nouveau yang
dilukis, digambar, dan di cetak pada bentuk seperti iklan, poster, label,
majalah, dan sejenisnya.
Di arsitektur ada beberapa nama yang
identik
dengan Art Nouveau, misalnya kota
Barcelona
dan Katedral La Sagrada Familia yang
identik
dengan arsitek Antonio Gaudi dan C.R.
Mackintosh. Art Nouveau dapat
diidentikan
dengan cita rasa seni bangunan yang
eksentrik
dan mahal mengingat tingkat kesulitan
detail
yang tinggi, belum lagi dengan penerapan
bahan
yang mahal. Sentuhan Art Nouveau dapat
didapat
dengan memajang lukisan Art Nouveau,
seperti
reproduksi poster-poster karya Mucha
Alphonse
(atau eksponen Art Nouveau lain: Klimt,
Moreau,
Munch, Toulouse-Lautrec). Art Nouveau
merupakan
salah satu aliran seni lukis periode
itu, terutama di
Wina. Art Noveau terutama berkaitan
dengan
rancangan barang-barang sehari-hari
seperti
perhiasan, alat makan , barang pecah
belah, dan
perabot rumah tangga
Tokoh-tokoh penting :
Antoni Gaudi, Chaeles Rennie Mackintosh, Victor Horta, Henry
Van de Velde, Gustav Klimt, Alfons Mucha, Henri
de Toulouse-Lautrec, Walter Crane, Jules Cheret, Mikhail Vrube, Lucien
Weissenburger, Auguste Delaherche, Émile André, Peter Behrens, Rafael Masó, Max Fabiani, William Walcot, Jules Cheret, Valentin Serov, Aubrey Beardsley, Ivan
Yakovlevich Bilibin, Gaston Gerard, Janos
Vaszary, Stanisław
Wyspiański,
Hector Guimard, Louis Majorelle, Francois Rupert Carabin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar